Home » » Konsep Keadilan

Konsep Keadilan

Pancasila
1. Ketuhanan Yang Maha Esa
2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
5. KeAdilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Siapa yang tak kenal dari butir - butir pancasila?? dari TK sampai SMA setiap senin pagi selalu saja dilakukan ritual ceremony yang hanya membacakan isi dari pancasila,, tapi tidak pernah lebih lanjut untuk bisa menghayati dan memaknainya.

Indonesiaaa... apa yang salah dengan negeri yang satu ini, negeri yang sangat subur, kaya akan sumber daya alam, flora dan faunanya yang beraneka ragam tapi semua itu tidak bisa mensejahterakan rakyatnya secara merata!. 

Gue terkadang sangat iri dengan negara Finlandia yang pendidikannya terbaik seantero jagad raya, bahkan pada tahun 2007 kemaren indeks presepsi korupsinya merupakan yang terbaik dari 179 negara di dunia. Huupp jangan bandingin Indonesia dengan Finlandia deh, coba kita bandingin dengan negara tetangga kita aja Malaysia, meskipun tergolong baru merdeka tapi ya tingkat kesejahteraan hidupnya lajunya lebih pesat dari Indonesia.. bahkan kalau dibandingkan dengan Brunai, meskipun negaranya kecil tapi sangat amat adil dan sejahtera!

Jadi apa sih salah Indonesia ini sehingga sulit sekali menjadi negara yang maju. apakah keadilan di negara ini sudah merata?? mari kita simak penjabaran berikut!

1. Sama - Sama Diputus Setahun
Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Surabaya membuat putusan yang bisa membuat kontoversi. Mino kades Buncitan, Sedati Sidoarjo divonis setahun karena korupsi Rp 25jt, putusan tersebut sama seperti Dirut PDAM Sidoarjo, Djajadi yang terbelit korupsi Rp 3M.
Sumber : Jawa Pos, 15 Mei 2012

2. Curi Pisang di Hutan Gegar Otak Dihajar Warga
Pengadilan Jalanan (Street Justice), Jabung, Sukuphro, Lawang, Malang. Karena ketangkap basah sering mencuri pisang warga maka langsung mendapatkan pengadilan jalanan sehingga gegar otak.
sumber : Jawa Pos, Radar Malang. 21 Mei 2012

3. Plat Nomor Kecil Kena Tilang, Plat Nomor Palsu Cuma Kena Peringatan
ini sudah tau kan?? ada pejabat tinggi yang menggunakan plat nomor palsu untuk kedua mobilnya,, walaupun sudah ketahuan bahkan petinggi penegak hukum langsung ya sanksinya cuma peringatan keras. lah ini yang make plat nomor kecil kena tilang,, padahal kan asli!!
dimana keadilan itu????

nah itu hanya sebagian yang gue angkat... ada sekian banyak sehingga jangankan menulis, mendengarnya pun sebenarnya sudah sangat miris. Nah apakah sekarang ini sudah sesuai dengan Butir - Butir pancasila??

Terakhir marilah kita simak Mozaik berikut
Negeri belumlah makmur dan belum menjalankan Keadilan Sosial, apabila fakir miskin masih berkeliaran di tengah jalan dan anak - anak yang diharapkan akan menjadi tiang masyarakat di masa datang terlantar hidupnya. 
"Moh Hatta"
Dinukil dari buku Ekonomi Terpimpin
(Djakarta: Djambatan, 1957)

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2011. Cermin Cerpen - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger