Home » » Tips: Memilih kampus Ideal

Tips: Memilih kampus Ideal

Halloo kawan semua,. apa kabar? pasti baik selalu kan. oh ya yang udah ujian deg - degan ya nunggu hasil pengumumannya?? dari pada deg - deg ser.. mending baca yang satu ini dah..

Kalau yang udah SMA nih, ujian sudah. sekarang adalah  waktunya memilih nyambung kuliah dimana?? di Indonesia Raya ini kan banyak kampusnya, daripada bingung mending gue kasih sedikit tipsnya memilih kampus yang ideal yah...

1. Cermati Akreditasi
Ada baiknya calon mahasiswa ini mencermati akreditasi kampus yang dituju, baik itu secara Nasional atau Internasionalnya,. seperti daftar kampus yang ada di webomatric ataupun yang lainnya karena itu merupakan gambaran yang hampir realistis mengenai kualitas suatu kampus.

Kalau bingung juga kan bisa aja tuh langsung cek website kampus yang dituju, atau cek melalui dikti,.. yang lebih akurat sih sambangin aja kampusnya sekalian supaya bisa bandingin yang atu ama yang lainnya :p

2. Liat SDM
Yang perlu diperhatikan juga adalah Sumber Daya Manusianya itu loh,,.. seperti Dosen yang memang layak dari segi kualifikasinya, karyanya, maupun jaringannya yang luas.

Eiits, tidak hanya itu, liat juga fasilitas pendukungnya yang disediakan kampus,. baik itu berupa lab, perpus, patner kerja & dan falisitas lainnya untuk menunjang proses pembelajaran

3. Cari Kampus yang Berkarakter
maksudnya adalah kampus yang memiliki identitas yang kuat, artinya kekhasan yang sesuai dengan identitas diri anda.

contoh : apakah kampus itu menonjol dalam suatu prestasi tertentu yang memang sejurus dengan bakat dan kemapuan yang telah dimiliki.

4. Perhatikan Reputasi Kelembagaan Kampus
Maksudnya adalah perhatikan track record kampus tersebut dari segi prestasinya, sistem kelembagaan, sistem birokrasi dan jaringan dengan kampus - kampus lainnya baik yang di dalam maupun di luar negri.

5. Telusuri Alumninya
Ini bertolak belakang dari pernyataan Si ketua DPR, Bpk Marzuki Ali yang mengatakan koruptor berasal dari Kampus ternama,, tp menurut gue yang mau nyari kampus ideal itu harus telusuri alumninya. Ini maksudnya adalah apakah alumni kampus tersebut memiliki alumni yang sukses dan memiliki nama di dunia kerja atau dipandang di dunia, negara,  maupun pemimpin agama.

6. Liat Faktor Eksternal Kampus
Meskipun bersifat diluar dari kampus tapi ini juga memang sangat penting, diantaranya adalah liat dari situasi kota kampus tersebut, apakah memang sangat kondusif, jauh dari banjir, gempa dan bencana alam lainnya. Selain itu lingkungan sosial dan biaya hidup juga perlu jadi bahan pertimbangan dalam memilih suatu kampus loh.

Cayyooo... semoga bermanfaat bagi yang memilih kampus ideal yah. 

terinspirasi dari republika
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2011. Cermin Cerpen - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger