Home » » Merah Putih Indonesiaku

Merah Putih Indonesiaku

merah putih indonesiaku - merah putih berkibar
Pernah merasa bosan dengan kehidupan yang ada? muak dengan para pemimpin yang egois dan tirani? setiap liputan yang ada di majalah, surat kabar dan televisi isinya cuma dominasi dari kebobrokan Indonesia, kritik sana sini, yang kuasa yang merekayasa, inilah, itulah... huh!

Gue pernah mengalami masa seperti itu, dimana gue muak dengan Indonesia ini, dengan segala macam aspek yang ada, baik itu kehidupan sosial, agama maupun ras suku bangsa. Gue pernah berpikir barang kali enak yah tinggal diluar negeri ini,. Malaysia misalnya, gue ngebayangin hidup di malaysia dimana tiap orang yang ada disana hidupnya enak, entah mengapa yang ada dipikiran gue cuma klo hidup disana pasti enak, apalagi singapura bahkan brunei,. makmur benar paling ya,.?

Yah itulah gejolak perasaan gue tentang Indonesia, gue seakan benci dengan negeri ini,. hanya bisa mencaci dan meneriaki keadaan tanpa pernah berpikir untuk membuat sebuah perubahan atau sekedar membuat keadaan semakin lebih baik lagi.. intinya aku kehilangan, kehilangan sebuah Nasionalismeku,. tergadaikan oleh sebuah ego untuk mendapatkan sesuatu yang lebih dari bangsa ini, tanpa memikirkan untuk memberikan yang lebih banyak untuk bangsa ini.

Okeh, barangkali sah saja klo memang kita berpikiran seperti itu,. mungkin masih dalam batas normal lah,. sebab akumulasi kejenuhan hingga memuncak meluapkan perasaan yang benci, tapi sebenarnya Indonesia tidak seperti itu, Indonesia itu adalah surga dunia, dengan gugusan pulau - pulaunya, dengan sejuta pesona alamnya, budaya dan keanekaragaman flora dan faunanya.

Berawal dari Festival Malang Tempoe Doeloe (MTD), gue sama anak-anak daerah rombongan main kesana. entah kenapa besoknya gue diajakin teman gue ikut Jatidaya (Kerja Bakti Budaya) yaitu gotong royong untuk memberihkan bangunan tua bersejarah di kota Malang,. kebetulan waktu itu gue mah iya aja,. meskipun pulangnya dini hari trus paginya ikut kerja bakti,. alhasil gue jadi berangkat tuh ikut jatidaya, meskipun telat karena cicil tidur dikit akhirnya gue nyampe juga di TKP, ternyata yang ikut itu buaanyakk pol. dari berbagai komunitas dan relawan, gue kebagian ngebersihin bangunan bioskop tua di Malang. Dari sanalah gue mikir, ternyata Indonesia itu punya sesuatu yang gak punya oleh negara lain yaitu Gotong Royong. Jujur gue baru pertama kali ikut acara itu, belum kenal siapa - siapa tapi gue ngerasa bahwa kehadiran gue sama rata, tidak ada yang namanya lo dari suku apa? dari komunitas apa? newbie atau mastah? yang ada adalah semua bersatu padu, gotong royong, saling bahu membahu dan berbaur bersama jadi satu. Gue seperti punya keluarga baru. Seneng, Bahagia, semuanya jadi satu.  Gotong Royong itulah ciri khas Indonesiaku. 

Aku mulai menemukan sisi lain Indonesiaku, Aku bangga padamu. 
Indonesiaku!




Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2011. Cermin Cerpen - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger