Home » » Negara Paling Oke di Dunia

Negara Paling Oke di Dunia

hhmm kawan super,, jumpa lagi sama gue, udah lama gak ketemu yah,,. padahal cuma 2 hari gak nulis karena gue putuskan untuk weekends ini gue libur dulu nulisnya,.eh akhirnya pada jumpa lagi kan dimari. hehehe.. langsung saja yah kali ini gue akan menulis tentang negara,, salah satunya negara Dreamland gue, cekidot!

1. Finlandia
Sebagai produsen ponsel ternama berasal Nokia serta game fenomenal Angry Bird, Finlandia terkenal sebagai negara yang sangat memperhatikan kesejahteraan pendidikan warganya. meski memiliki musim dingin yang panjang, anak - anak di Finlandia memiliki kemampuan dan minat yang luar biasa terhadap ilmu pengetahuan alam, matematika dan membaca.

Setiap tahun anak yang bersekolah akan mendapatkan mentor pribadi, guru dengan latarbelakang yang baik dan belajar di suasana yang nyaman. Negara ini juga sangat memperhatikan jaminan sosial utamanya kesehatan. Nah giman kawan super,. tertarik berkunjung ke Finlandia?,. kalau gak salah di wiki Finlandia juga negara yang tingkat polusi terendah kawan.. Semoga kita bisa kesana yah. Amiin..

2. Jepang
Negri asal sushi ini terbilang cukup rawan tertimpa bencana alam ternyata dikenal sebagai negara dengan layanan kesehatan terbaik. Tidak hanya itu, penduduk Jepang pun ternyata memiliki tingkat harapan hidup yang jauh tinggi dibandingkan negara lainnya di dunia. Para pria di Jepang rata - rata hidup hingga usia 82 tahun dan para wanitanya 86 tahun. Bandingkan dengan Indonesia pada tahun 2009 diperkirakan angka harapan hidup untuk pria 68 tahun dan pada wanita 73 tahun.

3. Ukraina
Hampir sama dengan Finlandia, Ukraina juga negara yang memiliki tingkat pendidikan terbaik di dunia. Di negri asal Andry Shevchenko ini, 99% penduduk sudah melek huruf dan pemerintah menjamin kesehatan seluruh penduduk yang terdaftar denga pelayanan pengobatan gratis.

4. Norwegia
Sejak 5 tahun lalu, Norwegia selalu masuk dalam daftar negara yang penduduknya paling bahagia. Dengan Gross Domestc Bruto (GDB) pertahun mencapai 53 ribu dollar atau Rp 477 miliar. Negara ini sudah pasti sejahtera.

Diluar pemandangan alam yang cantik, pemerintah Norwegia juga menjamin kebahagiaan masyarakat dengan pelayanan kesehatan dan pendidikan gratis untuk masyarakat. Sstt kebanyakan pusat perbelanjaan di Norwegia akan tutup setiah hari ahad lo, tapi penduduknya hepi :)

5. Swedia
Swedia dikenal menjadi negara dengan politik yang relatif stabil dan demokratis. Di negara ini, pemerintah menjamin betul hak setiap warga negara untuk berekpresi, yang patut kita pelajari, Swedia adalah salah satu negara yang paling tidak korupsi di dunia. 

Semua tempat ibadah diSwedia juga mendapat sumbangan dana yang besar dari pemerintah. Setiap kali ada pemilihan umum, minat masyarakat untuk memberi suaranya 80%. Bandingkan dengan pemilu presiden di Indonesia, golpot saja mencapai 40%.

6. Bhutan
pada 2005, Bhutan menjadi fokus berbagai media seantero dunia dengan memperkenalkan teori Groos National Happines (GNH) yang diusulkan oleh mantan raja Jigme Singyo WhangCheck IV. Dalam memimpin, raja yang Good Looking ini tak melulu menitikberatkan pada perkembangan ekonomi melainkan mendirikan negara yang mengusung kesetaraan, kepeduliaan, dan konsep ekologi.

Raja yang sangat memperhatikan pelestarian lingkungan hidup Bhutan dengan memberlakukan larangan merokok di seluruh negri, melarang import kantong plastik dan mewajibkan setiap orang setiap tahun minimal menanam 10 batang pohon. Konsep GNH ini langsung memperoleh perhatian seksama masyarakat internasional dan menjadi tema pelajaran ilmu ekonomi yang digandrungi para pakar dan institut penelitian di Amerika di Jepang

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2011. Cermin Cerpen - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger