Home » » Apa Gunanya Jago Debat?

Apa Gunanya Jago Debat?

haloo kawan super, bertemu lagi dengan gue lewat karya gue. hihi.. setelah minggu libur ya kita juga tetap harus berkarya toh..! setidaknya menghasilkan sesuatu yang produktiflah. ayoo semangat!!.

sekarang gue akan membahas tentang DEBAT. kenapa debat? karena di TV ini sekarang pada rame debat gitu. padahal yah debat itu apa sih hasilnya? memang klo lomba debat ya jelas untuk mengukur kemampuan dan pengetahuan serta belajar tentang mempertahankan argumentasinya. hasilnya adalah hadiah. ya toh? nah sekarang in mah banyak orang debat hanya untuk membela kepentingan tertentu.  bukan mencari kebenaran. Berikut kesalah debat menurut gue!

1. Tujuan Debat Tidak Jelas
sering liahat acara debat diTV? hhmm,, ada tuh tv yang selalu ngadain acara debat. tapi parahnya ni yee.. tujuannya ga jelas. beda ama musyawarah mencapai mufakat. kan jelas tuh apa yang dimusyawarahkan. bahkan yang gilenya lagi ada acara yang di harus diakhiri karena habis durasi. padahal masih banyak lagi mau mau ngomong.. apa ga geje itu kawan??

2. Debat Argumen
hhmm.. kalau debat itu yo bawa datalah.. setidaknya ada fakta yang menguatkan gitu. tp kalau cuma debat berdasarkan asumsi masing - masing di jamin deh mpe kiamat tuh gak bakalan selesai karena setiap orang memiliki pendapat yang berbeda-beda.  nie ye gue kasih tau,, kemarin gue sama anak hukum diskusi, hukum di negara kita itu yah. multitafsir, bahkan ada yang satu sama yang lainnya gak relevan. jadi mereka yang "Cerdas" ya punya argumen untuk membela kepentingan masing2. intinya debat memberi fakta.. solusi .. solusi!

3. Debat Ada Tempatnya
nah kalau mau main debat ya ada tempatnya lah.. jangan sembarang tempat. kebanyakan kita cuma karena masalah kecil mati matian debat hanya untuk raih kemenangan.

4. Debat Bukan Segalanya
ini yah,, mungkin karena hobynya berdebat sehingga gue pernah nemuin teman gue yang make kaos bertulisan "Debate is My Life". gue rasa yah orang ini hidupnya ga tenang. betul ga kawan super? ya iyalah kalau setiap hari dia debat terus mana ada tenangnya. jadi debat itu ala kadarnya aja. bukan segalanya.! Right?

5. Debat Emosi
orang di Indo nih ya,, kalau kalau debat,. wiihh.. sudah ngeles ampun - ampunan eh kalah. pasti misuh - misih ga jelas... benar gak? nah makanya seorang debater itu harus berjiwa legowo. kalah ya biasa menang ya gak pernah. hihi.. eh salah kalah ya lapang dada, menang ya senyum - senyum pisan..  gitu kan seharusnya kawan super?

nah kalau kelima point itu udah lengkap maka debat itu jauh berguna dan bermamfaat ngasih solusi bagi kita semua. begitu kan kawan super?


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2011. Cermin Cerpen - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger